KOMPOSISI :
Kalo dianalogikan, bahwa komunikasi dalam dunia Audio Visual setidaknya sama dengan pembuatan Makanan (kue, masakan dll).
Jika pada makanan akan sangat terasa perpaduan bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan suatu karya masakan hingga sampai dilidah.
Komposisi Martabak misalnya berapa elemen yang harus ada (telur, daun bawang, daging dll), menjadi “standar” komposisi, tapi setiap dari pembuat mempunyai hak untuk menambahkan atau mengurangi dari komposisi yang ada tersebut.
Jadi komposisi itu meliputi apa saja yang kita susun untuk menciptakan sesuatu.
Komposisi dalam Komunikasi Audio Visual :
Komposisi;
It’s the Idea/ways of arranging pictures to provide an attractive harmonious effect.
(cara/ide dalam penyusunan gambar untuk menghasilkan efek gambar yang menarik)
Komposisi akan mempengaruhi “TASTE”, yakni akan terdapat impresi yang berbeda dari bagaimana objek ditampilkan dalam frame
Komposisi secara visual akan terpengaruhi oleh type of shot, camera angle, camera movement, lighting dan pengaturan peletakan objek dalam frame.
Macam komposisi :
Proporsi (ukuran)
Framing
Pictorial Balance
Scale
Subject Prominence
Subject Attitude
Picture shape
Unifying interest
Speed of Compositional lines
Continuity of Centers of Interest
Color Impact
1. Proporsi (ukuran)
Ukuran menentukan obyek mana saja yang akan menjadi point interest. Ada ukuan baku tapi bukan hukum untuk objek.
Ukuran yang biasa kita kenal seperti:
Type of shot yang terdiri dari: ECU sampai ELS
Camera Angle
Camera Movement
Lighting
2. Framing :
Yakni bagaimana kita meletakkan obyek dalam frame dengan berbagai kondisi.
Lihat dibuku ada perbedaan antara obyek diam, jalan, berlari, naek motor dalam peletakkan objek dalam frame.
Kemudian dimana objek menghadap maka akan ada ruang didepan obyek tersebut.
3. Pictorial Balance :
Secara singkat maksudnya adalah bagaimana gambar yang dimunculkan mempunyai keseimbangan antara obyek yang satu dengan obyek2 yang lain. Sehingga enak ditonton.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar